10 Makananan Khas Malang Wajib Anda Coba

10 Makananan Khas Malang Wajib Anda Coba

Malang merupakan kota nan sejuk, damai, hangat dan memiliki berbagai macam tujuan destinasi wisata yang sangat menarik. Entah itu pemandangan panorama alamnya, maupun pesona keelokan pantainya. Banyak sekali opsi ketika kita berplesir ke kota Malang ini. Namun, selain pariwisata yang menggiurkan di kota Malang, juga terdapat berbagai macam makanan khas Malang yang layak diperhitungkan bagi kamu yang mengaku pecinta kuliner nusantara. Kenapa layak diperhitungkan? Karena terkenal lezat dan mantap terasa di lidah. Sungguh sebuah kerugian dan suatu penyeselan, sekiranya Anda berkunjung, tidak sempat mencicipi makanan khas Malang.

Dalam artian begini, belumlah Anda diakui sebagai pecinta kuliner sejati sebelum mencicipi makanan khas malang ini. Sebenarnya, banyak sekali Makanan yang menjadi ciri khas dari kota ini. Tapi, kali ini kami akan mereview dan paparkan 10 macam makanan. Nah, apa saja 10 macam makanan yang menjadi andalan dari kota Malang? berikut kami paparkan 10 makanan khas Malang.

www.pexels.com

10 Makananan Khas Malang Wajib Anda Coba Sebagai Pecinta Kuliner Sejati

  1. Rawon

Rawon kas Malang tentu sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta kuliner nusantara.  Rawon khas Malang telah menjadi populer tidak hanya di kota Malang tapi telah dikenal di beberapa pulau di Indonesia. Sehingga tidak heran Rawon cukup tinggi popularitasnya dan banyak ditemukan di kota-kota lainnya. Tidak terkecuali di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan kota-kota besar lainnya. Sup daging sapi yang disajikan dalam Rawon khas Malang ini dihidangkan dengan kuah warna hitam. Dan ditambahkan dengan telur asin yang melengkapi cita rasa makanan khas Malang ini. Lezat dan nikmat tentunya. Dijamin sekalig nyoba mesti pengen lagi deh.

  1. Sego Goreng Maut

Sego Goreng Mau adalah salah satu menu makanan khas Malang andalan. Karena rasanya sangat lezat dan membuat lidah bergoyang. Namanya memang sedikit unik ya. Bagi Anda yang mencintai nasi goreng sangat direkomendasikan mencoba nasi goreng maut ini. Rasanya sungguh nendang deh pokoknya. Sego Goreng maut atau disebut juga dengan nasi goreng maut merupakan nasi goreng yang memadukan nasi goreng dan mie goreng yang menghasilkan cita rasa yang luar biasa lezatnya. Biasanya sego goreng maut ini dilengkapi dengan sayur dan acar. Sungguh pengen nyoba deh.

  1. Bakso

Nah, yang ini pasti sudah tidak asing lagi ya? Bakso khas Malang. Meski merupakan khas kota Malang. Basko malang sebenarnya mudah dijumpai diluar kota Malang. Tapi, menikmati bakso Malang di kota Malang sendiri, tentu menghadirkan sensasi yang berbeda. Tidak percaya. Yuk bukitkan sendiri…hehehe

  1. Tahu Campur

Makanan khas Malang ini mungkin tidak sepopuler Bakso Malang atau Rawon Malang. Karena belum begitu populer bahkan sedikit asing di telinga kita ya. Makanan khas Malang yang bernama Tahu Campur ini merupakan salah satu menu kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan. Makanan ini biasanya disajikan dengan beberapa bahan tambahan, diantaranya: sop daging sapi yang lezat, perkedel singkong, tauge seger, selada air, mie kuning, dan tidak boleh ketinggalan adalah tahu yang telah dicampurkan pada bagian dalamnya.

  1. Orem-orem

Namanya orem-orem. Namanya sangat unik dan sedikit aneh ya. Hehehe.

Orem-orem ini biasanya disajikan dengan kombinasi ketupat, tempe yang dipotong kecil-kecil. Lalu ditambahkan juga dengan telur asin yang ditarok dibagian atasnya. Kombinasi ini sungguh membuat lidah bergetar karena menahan nikmat dan lezatnya. Tampilan orem-orem ini sepintas mirip opor ayam lho…hehehe. Tapi terlihat jelas perbedaannya pada kuah orem-orem ini yaitu dengan kuah kaldu ayam yang sangat kental. Nah, kebayangkan nikmat dan lezatnya….

  1. Bakso Bakar

Malang nianlah nasib bakso bakar ini. Apa karena dia berasal dari kota Malang ya?hehehe, lha gimana tidak malang, sudah ditusuk, dibakar lagi…bak ibarat pepatah, habis ditusuk lalu dibakar…ups…(mungkin yang benar, habis jatuh ditimpa tangga).

Bakso Bakar ini adalah saudara dari Bakso Malang. Dari segi popuritas saling bersaing lho ya. Kenapa? Karena Bakso Bakar ini termasuk paling banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Sebenarnya Bakso Bakar ini dari segi bahan dan bentuknya tidak beda dengan Bakso Malang. Hanya saja, Bakso Bakar ini sebelum disantap dilumuri dulu dengan saus, kecap dan bumbu-bumbuan yang membuat cita rasa yang menggugah lidah. Setelah dilumuri baru deh di bakar sampai beraroma nan menggoda. Ketika itu terjadi, rasakan deh kelezatannya. Lezat sangat…!!!

  1. Cwie Mie Malang

Penampilan dari Mie ini sekilas mirip seperti layak mie ayam kebanyakan. Truz apa ya bedanya? Nah, yang membedakan adalah Cwie Mie Malang ini daging ayamnya lebih halus bahkan mirip abon. Untuk rasa, jangan ditanya. Sungguh sensasi yang berbeda. Selain itu, Cwie Mie Malang ini juga dilengkapi dengan selada segar. Pokoknya enak pisan deh!

www.pexels.com
  1. Mendol

Mendol ini dari penampakannya bagi yang pertama kali melihat akan mengira adalah Combro. Tapi, setelah  berkenalan dengan mendol pasti tau deh perbedannya. Makanan khas Malang yang satu ini berbahan dasar kedelai yang merupakan campuran dari tempe. Kombinasinya adalah kunyit, bawang merah, bawang putih dan aneka bumbu lainnya. Setelah semua bumbu telah lengkap, baru kemudian diaduk menjadi satu termasuk tempe tadi. Setelah halus baru kemudian dibentuk seperti mirip penampakan Combro. Makanya kalau belum kenal disangka ini adalah Combro. Yang pasti sensasi rasanya beda sama Combro yah. Dijamin kalo udah nyoba, maka jadi ketagihan!

  1. Angsle Malang

Angsle Malang merupakan sejenis makanan yang bercita rasa manis. Dari segi tampilan, Angsle Malang mirip sekoteng. Kenapa mirip? Karena terdapat irisan roti, kacang tanah dan kacang hijau di dalamnya. Namun, Angsle berbeda dengan sekoteng karena ditambahkan dengan petulo atau yang sering kita sebut dengan putu mayang. Selain ditambahkan dengan putu mayang, Angsle Malang ini juga ditambahkan dengan tape singkong, ketah putih yang sudah dikukus dan juga bubur mutiara. Ketahuilah sesungguhnya Angsle Malang ini sangat pas dijadikan sebagai makanan penutup yang sempurna.

  1. Es Durian Dempo

Dari namanya sudah bisa ditebak ya, kalau jenis makanan khas Malang yang satu ini berbahan dasar Durian. Sebagai informasi yah, Malang itu ternyata tidak hanya Apel ya, tapi juga ada Es Durian Dempo. Menurut pengamatan kami yang sempat berplesir ke Kota Malang, Es Durian Dempo ini peminatnya sangat banyak lho. Es Durian Dempo sebagaimana yang telah ketahui dari namanya, yaitu berbahan dasar durian. Selain itu, Es Durian Dempo ini juga dilumeri dengan susu kental manis. Lalu ditambahkan dengan sirup dan es batu segar. Kebayangkan seger dan nikmatnya Es Durian Dempo ini.

www.pexels.com

Nah, demikian lah 10 Makanan Khas Malang yang bisa kami infokan. Ingat, kalo Anda adalah pecinta kuliner nusantara sejati, maka belum sah kalo belum mencoba 10 makanan khas malang ini ya. Kalau Anda berkenenan kami rekomendasikan ambil Paket Wisata Malang. Selamat Berwisata kuliner!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *